RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No : 01
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Diri
Sendiri
Waktu :
6 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan variasi gerak dasar melalui
permainan dan aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
B.
KOMPETESI DASAR
1.1
Mempraktekkan
gerak dasar jalan, lari, lompat yang bervariasi dalam permainan yang menyenangkan dan nilai kerja sama,
toleransi dan kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan menghargai diri
sendiri.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1
Lari memindahkan benda
1.1.2
Lari
10 m dengan tungkai menyentuh paha
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam
olahraga
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan gerak dasar jalan, lari,
lompat dengan berbagai variasi
E.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Lari
bolak-balik 10 m
-
Lari
memindahkan benda
F.
PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi, Permodelan, Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan awal
-
Siswa
dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi
-
Melakukan
permainan ular naga
-
Melakukan
pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
-
Melakukan
gerakan lari 10 m dengan benar
-
Melakukan
lari bolak-balik 10 m
-
Melakukan
lari bolak-balik memindahkan benda
-
Berlatih
keras untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
-
Sambil
duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama
Pertemuan II
Kegiatan awal
-
Siwa
dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi
-
Siswa
melakukan permainan ular naga
-
Siswa
melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan inti
-
Lari
kedepan 10 m
-
Lari
kedepan dengan paha diangkat
-
Lari
kedepan dengan tungkai menyentuh paha
-
Berlatih
keras untuk berprestasi dalam olahraga
-
Berlatih
keras untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
-
Sambil
duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama
H.
ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I.
PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian :
Tes
2. Teknik penilaian :
- Kognitif :
1.
Jelaskan bagaimana melakukan lari dengan tungkai
menyentuh paha!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Sebutkan manfaat dari latijan lari sambil mengangkat
paha
2.
Jelaskan apa manfaat ltihan lari 10 m
3.
Jelaskan bagaimana cra melakukan lari dengan tungkai
myentuh paha
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL :
12
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
- Afektif :
2. Lakukan lari dengan tungkai menyentuh paha!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Rubrik Penilaian
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. lakukan
lari dengan memindahkan benda secara teratur!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 5
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai
Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment