(TEMATIK)
No: 1
Satuan Pendidikan : SD
Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Tema : Diri Sendiri
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
Tema : Diri Sendiri
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana / aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya.
3. Mempraktekan
senam lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung didalamnya.
B.
KOMPETESI DASAR
1.2
Mempraktekkan
gerak dasar memutar, mengayun maupun menekuk dalam permainan sederhana serta
nilai sportivitas, kejujuran dan kerjasama serta toleransi dan percaya diri.
3.1 Mempraktekkan gerak keseimbangan statis tanpa
alat serta nilai percaya diri dan disiplin.
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1 Melakukan
gerak memutar
1.2.2 Melakukan
gerak mengayun
1.2.3 Melakukan
gerak menekuk
3.1.1 Melakukan gerakan keseimbangan statis
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat melakukan gerak dasar memutar,
mengayun maupun menekuk dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas,
kejujuran dan kerjasama serta toleransi dan percaya diri.
- Siswa dapat melakaukan gerak keseimbangan
statis tanpa alat serta nilai percaya diri dan disiplin.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
- Gerak dasar memutar, mengayun dan menekuk
- Gerak keseimbangan statis
F.
PENDEKATAN, METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
Ceramah, Demonstrasi, Permodelan
G.
LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Anak dibariskan menjadi 4 bersaf, di absensi
- Berdo`a
- Melakukan permainan Ular Naga
- Melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan
Inti
Setelah diberi penjelasan dan
contoh-contoh gerakan siswa:
- Melakukan gerakan memutar badan , kepala
maupun lengan ke berbagai arah.
- Melakukan gerakan mengayun tangan ke
berbagai arah
- Melakukan gerakan menekuk lutut ke
berbagai arah
- Melakukan rangkaian gerak memutar,
mengayun, menekuk
Kegiatan Penutup
- Dengan
duduk santai ditempat teduh siswa diajak nyanyi bersama, ganti pakaian, dan
kembali kekelas untuk mengikuti pelajaran berikutnya.
Pertemuan II
Kegiatan
Awal
- Anak dibariskan menjadi 4 bersaf, di
absensi
- Berdo`a
- Melakukan permainan Angin Badai
- Melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
Setelah melihat contoh gerakan dari guru, peserta didik :
- Melakukan
gerak kapal terbang
- Melakukan menulis nama di tanah dengan
salah satu ujung kaki
- Melakukan
gerakan membentuk huruf
- Melakukan mengangkat salah satu kaki
kearah depan, belakang, samping secara bergantian
Kegiatan Penutup
-
Anak dibariskan menjadi 3 sap kemudian disuruh duduk
selunjur dan menyanyi bersama-sama lagu “Gajah-gajah”.
Pertemuan III
Kegiatan Awal
-
Anak dibariskan dan di absensi
- Berdo`a
- Melakukan permainan ” Kuda masuk
terowongan ”
- Melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Mengulang pertemuan I yaitu gerakan
memutar, mengayun, serta menekuk dengan berbagai arah.
- Mengulang pertemuan II yaitu gerakan sikap
kapal terbang dengan bergantian kaki, menulis nama sendiri ditanah dengan
bergantian kaki, membentuk huruf V dengan ujung kaki diruncingkan, serta
mengangkat salah satu kaki kearah depan, belakang, samping dengan lurus.
Kegiatan Penutup
- Anak
dengan duduk santai diberi evaluasi mengenai kegiatan yang baru dilakukan, serta
menyanyi bersama, ganti pakaian dan masuk kelas untuk mengikuti pelajaran
berikutnya.
H.
ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Lapangan, Peluit
Sumber belajar :
Buku Penjaskes SD
I.
PENILAIAN
1.
Bentuk Penilaian :
tes
2.
Teknik Penilaian :
- Kognitif :
1. Jelaskan
bagaimnana cara menekuk lutut dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
=
----------------------------------------- X 50
Jumlah skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan
kegiatan variasi gerakan memutar lengan
dengan benar.
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan tau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
30
Jumlah skor maksimal
- Psikomotor
3. lakukan
variasi kegiatan memutar, mengayun dan menekuk dengan benar
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ---------------------------------------------
X 20
Jumlah
skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai
Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan memutar kepala
2. Gerakan mengayun lengan
3. Gerakan memutar badan
4. Gerakan menekuk lutut
5. Variasi gerakan
memutar, mengayun, menekuk
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL:
|
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana posisi tangan, badan, tangan, dan kaki saat melakukan
gerakan memtar kepala?
2. Bagaimana posisi
tangan, badan, tangan, dan kaki saat melakukan gerakan mengayun tangan?
3. Bagaimana posisi
tangan, badan, tangan, dan kaki saat melakukan gerakan mengayun kaki?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 12
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 2
Satuan Pendidikan : SD
Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Tema :
Keluarga
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 12 Jam Pelajaran ( 4 x Petemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana/aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
1.3 Mempraktekkan gerak dasar lempar
tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas ,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1 Melempar bola ke berbagai arah.
1.3.2 Menangkap bola dari berbagai arah.
1.3.3 Melambungkan bola dari berbagai arah.
1.3.4 Menggulirkan bola.
1.3.5 Memukul bola dengan tangan.
1.3.6 Menendang dan menahan bola.
1.3.7 Melempar bola ke sasaran diam.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat melakukan gerak dasar lempar
tangkap dan sejenisnya dalam permainan sederhana serta nilai sportivitas ,
kejujuran, kerjasama, toleransi dan percaya diri.
E. MATERI PEMBELAJARAN
-
Melempar bola
-
Menangkap bola
-
Kebersihan diri sendiri
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode : Demonstrasi, Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Anak dibariskan menjadi 3 bersap dan
diabsensi
- Berdo`a
-
Permainan ular naga
Kegiatan
Inti
Setelah guru
memberi penjelasan atau contoh gerakan dengan aba-aba atau perintah guru,
siswa:
- Melakukan melempar bola ke berbagai arah
- Menangkap
bola dari berbagai arah
Kegiatan Penutup
- Anak dibariskan dan diberi penjelasan atau
ceramah tentang pelajaran yang baru dilaksanakan
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Anak
dibariskan
- Anak
disiapkan dan diabsensi
- Anak
diajak berdoa bersama
- Melakukan
pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah guru memberi penjelasan atau
contoh anak melakukan kegiatan:
- Menggulirkan
bola
- Melempar
bola ke sasaran diam
Kegiatan Penutup
-
Anak dibariskan atau duduk berselunjur dan diberi
penjelasan atau ceramah tentang kegiatan yang baru dilaksanakan
Pertemuan III
Kegiatan Awal
- Anak
dibariskan
- Anak
disiapkan dan diabsensi
- Anak
diajak berdoa bersama
Kegiatan Inti
- Melambungkan
bola dari berbagai arah
- Memukul
bola dengan tangan
Kegiatan Penutup
- Anak
diberi penjelasan tentang gunanya kesehatan bagi manusia serta penyakit yang
diakibatkan oleh kuku dan yang timbul di kulit
Pertemuan IV
Kegiatan Awal
- Anak
dibariskan
- Anak
disiapkan dan diabsensi
- Anak
diajak berdoa bersama
Kegiatan Inti
- Menendang
dan menahan bola
Kegiatan Penutup
- Anak
diberi penjelasan tentang gunanya kesehatan bagi manusia serta penyakit yang
diakibatkan oleh kuku dan yang timbul di kulit
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Lapangan, bola, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
Bentuk Penilaian : Tes
Teknik penilaian :
- Kognitif :
1.
Jelaskan bagaimana ayunan tangan dalam memukul bola.
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
- Afekif :
2. Lakukan bagaimana cara memukul bola dengan
benar
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan
bagaimana cara melempar dan menangkap bola dengan berpasangan
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara
1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai
Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Melempar bola ke
berbagai arah
2. Menangkap bola dari
berbagai arah
3. Melambungkan bola ke
berbagai arah
4. Menggulirkan bola
5. Memukul bola dengan
tangan
6. Menendang bola dan
menahan bola
7. Melempar bola ke sasaran diam
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL :
|
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 16
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
RENCANA PELAKASANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 3
Sekolah :
Tema : Lingkungan
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 9 Jam
Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Mendemonstrasikan sikap
tubuh dalam berbagai posisi.
3. Mempraktekkan senam
lantai sederhana tanpa alat dan nilai yang terkandung di dalamnya.
4. Mengungkapkan perasaan
melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
2.1. Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam posisi berdiri
3.2. Mempraktekkan gerak
keseimbangan dinamis tanpa alat serta nilai percaya diri dan disiplin
4.2. Mempraktekkan gerak
bebas berirama menggunakan musik
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.1.1. Berdiri dengan sikap
posisi tubuh
3.2.1. Melakukan gerakan
keseimbangan dinamis
4.2.1. Melakukan gerakan
bebas berirama menggunakan musik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat mendemonstrasikan sikap tubuh dalam berbagai posisi
-
Siswa
dapat mempraktekkan gerak keseimbangan dinamis tanpa alat serta nilai percaya
diri dan disiplin
-
Siswa
dapat mempraktekkan gerakan bebas berirama menggunakan musik
E. MATERI PEMBELAJARAN
-
Sikap berdiri
-
Keseimbangan dinamis
-
Gerakan berirama
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode : Demonstrasi, Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan
Awal
-
Siswa dibariskan dan di absensi
-
Siswa
dan guru bersama-sama melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah diberi penjelasan dan contoh-contoh
gerakan sesuai aba-aba atau perintah guru siswa:
-
Melakukan
berdiri dengan sikap posisi tubuh
Kegiatan
Akhir
-
Anak
dibariskan menjadi 3 bersap kemudian diberi penjelasan tentang kegiatan yang
baru dilakasanakan
Pertemuan II
Kegiatan
Awal
-
Siswa dibariskan dan di absensi
-
Siswa
dan guru bersama-sama melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah guru memberi penjelasan atau contoh
gerakan dengan aba-aba atau perintah guru, siswa:
-
Berjalan di atas garis lurus
-
Berjalan dengan ujung kaki
-
Berjalan
lurus dengan mata tertutup atau terpejam
-
Melompat-lompat
dengan satu kaki (engklek)
Kegiatan
Penutup
-
Anak
dengan duduk santai di beri pengarahan serta menyanyi bersama
Pertemuan III
Kegiatan Awal
-
Siswa dibariskan di absensi dahulu
-
Siswa
disuruh lari keliling lapangan untuk pemanasan badan
Kegiatan Inti
Setelah guru memberi penjelasan atau contoh
gerakan dengan aba-aba atau perintah guru, siswa:
-
Melakukan
kombinasi gerak langkah kaki, lengan berirama
-
Melakukan gerak lompat sambil berputar
Kegiatan
Panutup
-
Sambil duduk santai ditempat teduh guru memberikan
pembetulan dan pengarahan kepada siswa
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian : Tes
2. Teknik Penilaian :
- Kognitif :
1.
Jelaskan bagaimana melakukan sikap berdiri dengan posisi
siap.
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
- Afektif :
2. Lakukan gerakan berjalan dengan sikap yang benar
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan
berbagai posisi sikap sesuai dengan aba-aba yang di berikan!
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara
1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai
Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Sikap kaki
2.
Sikap tangan
3.
Sikap tubuh/togok
4.
Sikap kepala
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 16
|
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Bagaimana posisi kaki pada saat melakukan sikap siap?
2.
Bagaimana posisi tangan,saat melakukan sikap siap?
3.
Bagaimana sikap badan/togok saat melakukan skap siap?
4.
Bagiamana sikap kepala/pandangan saat melakukan sikap
siap?
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 12
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 4
Sekolah :
SD Negeri
Tema :
Pengalaman
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3 x Pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan gerak dasar ke dalam
permainan sederhana atau aktifitas jasmani dan nilai yang terkandung di
dalamnya
5. Menerapkan budaya hidup sehat
B.
KOMPETESI DASAR
1.1 Mempraktekkan
gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permaianan sederhana, serta nilai sportivitas,
kejujuran, kebersamaan, toleransi dan percaya diri
Mengenal pentingnya imunisasi
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.1 Melakukan gerak dasar jalan, lari, dan lompat
dalam permainan sederhana
5.2.1 Mengetahui macam-macam imunisasi dan manfaat
bagi manusia
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Siswa
dapat mempraktekkan gerak dasar jalan, lari, dan lompat dalam permaianan
sederhana, serta nilai sportivitas, kejujuran, kebersamaan, toleransi dan
percaya diri
-
Siswa dapat mengenal pentingnya imunisasi
E.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Jalan, lari, dan lompat
-
Imunisasi
F.
PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi, Permodelan, Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan
Awal
-
Siswa dibariskan dan di absensi
-
Siswa
dan guru bersama-sama melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah diberi penjelasan dan contoh-contoh
gerakan sesuai aba-aba atau perintah guru siswa:
-
Melakukan
jalan biasa dengan ayunan tangan dan kaki yang benar
Kegiatan
Akhir
-
Anak dibariskan
menjadi 3 bersap kemudian diberi penjelasan tentang kegiatan yang baru
dilakasanakan
Pertemuan II
Kegiatan
Awal
-
Siswa dibariskan dan di absensi
-
Siswa
dan guru bersama-sama melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah guru memberi penjelasan atau contoh
gerakan dengan aba-aba atau perintah guru, siswa:
-
Lari di tempat
-
Berlari dengan ujung kaki
-
Berlari
dengan ayunan tangan yang benar
Kegiatan
Akhir
-
Anak
dengan duduk santai di beri pengarahan serta menyanyi bersama
Pertemuan III
Kegiatan
Awal
-
Siswa dibariskan di absensi dahulu
-
Bermain
engklek sambil menedang bola
Kegiatan
Inti
Setelah guru
memberi penjelasan atau contoh gerakan dengan aba-aba atau perintah guru,
siswa:
-
Melompat
dengan dua kaki
-
Melompat
dengan dsatu kaki
-
Melakukan gerak lompat sambil berputar
-
Mendarat
dengan dua kaki
Kegiatan
Akhir
-
Sambil duduk santai ditempat teduh guru memberikan
pembetulan dan pengarahan kepada siswa
H.
ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Bak lompat, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I.
PENILAIAN
1.
Bentuk Penilaian :
tes
2.
Teknik Penilaian :
- Kognitif :
- Jelaskan bagaimana gerakan langkah kaki yang benar saat lari!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
- Afektif :
2. Lakukan gerakan melompat tanpa awlan yang
benar
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan kegiatan lompat dengan awalan lari
yang benar
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara
1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif +
Nilai Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Langkah kaki
2.
Ayunan tangan
3.
Posisi badan
4.
Pandangan
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 16
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
RENCANA PELAKASANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 5
Sekolah :
SD Negeri
Tema :
Kegemaran
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : I / I
Alokasi Waktu : 9 Jam Pelejaran ( 3 x Pertemuan )
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Mendemonstrasikan
sikap tubuh dalam berbagai posisi
4. Mengungkapkan
perasaan melalui gerak berirama dan nilai yang terkandung di dalamnya
B.
KOMPETESI DASAR
2.2. Mendemonstrasikan sikap tubuh dalam posisi
berjalan
4.1. Mempraktekkan gerak bebas berirama tanpa menggunakan musik dan
nilai disiplin dan kerja sama
C.
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.2.1. Berjalan dengan
berbagai arah, langkah dan kecepatan
4.1.1. Menirukan gerakan
binatang dan gerakan pohon di tiup angin
4.1.2. Melangkah ke
berbagai arah
4.1.3. Mengayun lengan ke
berbagai arah
4.1.4. Melakukan kombinasi
gerak langkah kaki dan lengan
4.1.5. Melakukan gerak
lompat berputar ke kanan, ke kiri, depan, dan belakang
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa dapat berjalan
dengan berbagai arah, langkah dan kecepatan
- Siswa dapat menirukan
gerakan binatang dan pohon yang ditiup angin
- Siswa dapat melangkah ke
berbagai arah
- Siswa dapat mengayun
lengan ke berbagai arah
- Siswa dapat melakukan
gerak lompat berputar ke kanan, ke kiri, depan dan belakang
E.
MATERI PEMBELAJARAN
-
Sikap tubuh dalam posisi berjalan
-
Gerak bebas berirama
F.
PENDEKATAN, METODE
Pendekatan :
Tematik
Metode :
Demonstrasi, Permodelan, Penugasan
G.
LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan
Awal
-
Anak
dibariskan menjadi 3 bersap dan diabsensi
-
Anak melakukan pemanasan secukupnya
Kegiatan
Inti
Setelah diberi penjelasan dan contoh-contoh
gerakan, siswa melakukan gerakan:
-
Berjalan dengan berbagai arah langkah dan kecepatan
Kegiatan
Akhir
-
Sambil duduk santai ditempat teduh guru memberikan
pembetulan gerakan yang baru dilakukan dan bernyanyi bersama
Pertemuan II
Kegiatan
Awal
-
Anak
dibariskan menjadi 3 bersap, diabsensi dan melakukan gerakan pemanasan
secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah diberi penjelasan dan contoh-contoh
gerakan, siswa melakukan gerakan:
-
Menirukan
gerakan binatang dan pohon yang di tiup angin
-
Melangkah ke berbagai arah
Kegiatan
Akhir
-
Dengan
membentuk ligkaran dan duduk santai di tempat yang teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama
Pertemuan III
Kegiatan
Awal
-
Anak
dibariskan menjadi 3 bersap, diabsensi dan melakukan gerakan pemanasan
bersama-sama dengan guru secukupnya
Kegiatan Inti
Setelah diberi penjelasan guru, siswa:
-
Melakukan
kombinasi gerak langkah kaki dan lengan
-
Melakukan
gerak lompat berputar ke kanan, ke kiri, depan dan belakang
Kegiatan Akhir
-
Anak
dibariskan menjadi 2 bersap dan diminta untuk membersihkan badan
H.
ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat :
Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I.
PENILAIAN
1.
Bentuk Penilaian :
Tes
2.
Teknik Penilaian :
- Kognitif :
1.
Jelaskan bagaimana gerakan pohon yang ditiup angin
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan
4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
50
Jumlah skor
maksimal
- Afektif :
2. Lakukan gerakan melompat sambil berputar di
udara
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ )
pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau
menampilkan perilaku yang diharapkan.
Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai =
----------------------------------------- X 30
Jumlah skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan
gerakan melompat ke kanan, ke kiri dan ke belakang
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap
kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = ----------------------------------------- X
20
Jumlah skor maksimal
-
Nilai akhir yang
diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai
Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Gerakan meliukkan badan
2. Gerakan meliukkan
tangan
3. Gerakan memutar badan
4. Mengayunkan lengan
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin
gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL : 5
|
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan bagaimana
posisi badan saat menirukan gerakan pohon ditiup angin
2. Jelaskan bagaimana
gerakan tangan saat menirukan gerkan pohon ditiup angin
3. Jelaskan bagaimana
memutar badan sambil melompat
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR MAKSIMAL : 12
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment