RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 04
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pel;ajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Keluarga
Waktu : 3 Jam Pelajaran ( 1
x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung
didalamanya.
B. KOMPETESI DASAR
3.1 Mempraktekkan senam ketangkasan sederhana tanpa
menggunakan alat ( melompat, meloncat ) dengan isyarat keberbagai arah.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1 Loncat katak.
3.1.2 Jalan kepiting.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan senam ketangkasan sederhana
tanpa menggunakan alat.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Loncat ditempat.
- Loncat ditempat berputar 90°.
- Loncat kedepan.
- Jalan kepiting.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan hijau hitam.
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan gerakan loncat-loncat ditempat.
- Siswa melakukan gerakan loncat sambil berputar 90°.
- Siswa melakukan gerakan loncat kedepan.
- Siswa melakukan gerakan jalan kepiting.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melakukan lompat katak!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan
bagaimana sikap kaki kaki saat melakukan lompat katak
2. Jelaskan
bagaimana sikap tangan saat melakukan lompat katak
3. jelaskan
bagaimana posisi tubuh saat melakukan lompat katak
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan lompat katak dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Lakukan lompat katak dengan sikap kaki yang benar
2.
Lakukan lompat katak dengan sikap tangan yang benar
3.
Lakukan lompat katak dengan posisi tubuh yang benar
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Tirukan bagaimana cara kepiting berjalan (jalan
kepiting)
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif +
Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment