RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No : 10
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas/ Semester : II / I
Tema : Pengalaman
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan
)
A. STANDAR KOMPETENSI
5. Menerapkan budaya hidup sehat.
B. KOMPETESI DASAR
a. Menjaga kebersihan
rambut, hidung, telinga, dan mata.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
5.1.1 Menjaga kesehatan pribadi/ anggota tubuh.
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu menjaga dan memelihara kebersihan anggota
tubuh.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Cara mandi, dan
menggosok gigi yang benar.
- Cara mencuci rambut.
- Cara menjaga kebersihan hidung.
- Cara menjaga kebersihan telinga.
- Cara menjaga kebersihan mata
- Mengenal dan mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan melalui
merawatnya dengan baik.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa disiapkan,
berdo`a dan diabsensi
- Guru menerangkan
materi yang akan dipelajari
- Pre test
Kegiatan Inti
- Siswa mampu
menjelaskan urutan cara mandi yang benar.
- Siswa mampu
menjelaskan/ melakukan cara menggosok gigi yang benar.
- Siswa mampu melakukan
cara mencuci rambut yang benar.
- Mengenal dan
mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan melalui cara merawatnya
dengan baik.
Kegiatan Akhir
Diadakan soal tulis (Post Test)
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa disiapkan,
berdo`a dan diabsensi
- Guru menerangkan
materi yang akan dipelajari
- Pre test
Kegiatan Inti.
- Siswa mampu
menjelaskan fungsi hidung.
- Siswa mampu
menjalaskan fungsi hidung dan telinga.
- Siswa mampu menjaga
kebersihan hidung dan telinga.
- Siswa mampu menjaga
kesehatan mata.
- Siswa mengetahui
akibat tidak menjaga merawat hidung, mata, dan telinga.
- Mengenal dan
mensyukuri tubuh dan bagiannya sebagai ciptaan Tuhan melalui cara merawatnya
dengan baik.
Kegiatan Akhir
Diadakan Post tes
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : contoh-contoh alat kebersihan, model
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan cara mandi yang benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan
jenis air yang baik yang harus digunakan untuk mandi
2. Jelaskan
bagaimana cara mencuci rambut yang benar
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Tujukkan apa saja yang diperlukan untuk
mencuci rambut!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
Tunjukkan alat-alat yang digunakan untuk memotong rambut
2.
Tunjukkan bagaimana alat-alat tersebut digunkan
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Tunjukkan apa saja yang diperlukan untuk menjaga
kebersihan tubuh dan rambut!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
LAMPIRAN :
Pre test
Soal Pre Test
2. Mengapa mandi harus
memakai sabun?
3. Berapa kali dalam
satu minggu kamu mencuci rambut?
4. Mengapa menggosok
gigi harus dengan pasta gigi (odol)?
(Post Test)
Soal :
1. Jelaskan urutan cara
menggosok gigi yang benar!
2. Sebutkan macam-macam
merk pasta gigi!
3. Bolehkah rinso untuk mencuci rambut? Mengapa?
4. Berapa kali sebaiknya menggosok gigi dalam satu hari? Kapan
5. Sebelum mandi
sebaiknya badan diperciki air, apa tujuannya?
Kunci jawaban:
Pre Test
1. Agar penyakit yang
menempel pada tubuh mati.
2. Dua kali
3. Agar kuman yang
terdapat dalam gigi mati.
Post Test.
1. Bagian luar digosok
keatas dan kebawah, bagian dalam keatas dan kebawah, puncak gigi digosok
mendatar, bagiam luar dan dalam digosok mendatar.
2. Pepsoden, Ritaden, dsb.
3. Tidak boleh, karena
akan merusak kulit kepala dan rambut.
NA = Nilai Kognitif +
Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment