RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 11
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Kegemaran
Waktu : 3 Jam Pelajaran
A. STANDAR KOMPETENSI
3.
Mempraktekkan ketrampilan ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang dan
nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan gerak ritmik kedepan, kebelakang, atau kesamping berpasangan
dengan diiringi musik, serta nilai-nilai disiplin dan kerja sama.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Jalan ke depan.
Jalan ke belakang.
Jalan ke samping.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan gerak ke depan, kebelakang, ke
samping, dengan didiringi musik.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Jalan ke depan.
- Jalan ke belakang.
- Jalan ke samping.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan
permainan kuda masuk terowongan
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan jalan
kedepan tanpa musik.
- Siswa melakukan jalan
ke belakang tanpa musik.
- Siswa melakukan jalan
ke samping tanpa musik.
- Siswa melakukan jalan
ke depan, belakang, samping didiringi dengan musik.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melakukan jalan ke belakang dengan
benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan kaki
yang dilangkahkan pertama kali untuk kegiatan jalan
2. Jelaskan
bagaimnan sikap tangan saat melakukan jalan
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan jalan ke depan dengan irama
langkah tegap!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
lakukan gerakan jalan ke depan dengan langkah kaki yang benar
2.
lakukan jalan ke depan dengan ayunan tangan yang benar
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. lakukan kombinasi gerak maju ke depan, ke belakang
dan ke samping dengan irama hitungan yang benar!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif +
Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment