Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) No: 09

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) No: 09

Written By Unknown on Thursday 4 September 2014 | 02:57

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 09

Satuan Pendidikan          : SD Negeri
Mata Pelajaran                : Penjas Orkes
Kelas / Semester              : II / I
Tema                                : Pengalaman
Waktu                              : 6 Jam Pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.    STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani

B.     KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan satu jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan mengikuti aturan.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.1.1 Latihan menarik, mendorong, dengan berpasangan.
2.1.2 Mendorong benda mati.
   -    Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
-          Latihan menarik dengan berpasangan.
-          Latihan mendorong dengan berpasangan.
-          Latihan mendorong benda mati.

F.     PENDEKATAN, METODE
Pendekatan            Tematik
Metode                   Demonstrasi, Permodelan, Penugasan

G.    LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 3 Jam Pelajaran )
Kegiatan Awal
-          Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan di absensi.
-          Siswa melakukan permainan angina badai
-          Siswa melakukan pemanasan secukupnya.

Kegiatan Inti
- Siswa melakukan latihan menarik berpasangan
- Siswa melakukan latihan mendorong berpasangan.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.

Pertemuan II
Kegiatan Awal
-          Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan di absensi.
-          Siswa melakukan angin badai
-          Siswa melakukan pemanasan secukupnya.

Kegiatan Inti
-          Siswa melakukan latihan mendorong berpasangan.
-          Siswa melakukan latihan mendorong benda mati.
-          Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.

H.    ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat                       : Lapangan, peluit
Sumber Belajar      : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru

I.       PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian                        : Tes
2. Teknik penilaian                        :
- Kognitif         : 
1.      Jelaskan bagaimana cara mendorong benda dengan benar!

Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      jelaskan bagaimana posisi tangan saat mendorong benda
2.      jelaskan bagaimana posisi kaki saat mendorong benda
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 12

                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                                    Jumlah skor maksimal
- Afektif       :
2.  Lakukan cara mendorong teman dengan berpasangan!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.         lakukan bagaimana cara mendorong benda diam dengan benar
2.         lakukan bagimana cara menarik benda yang dapat bergerak
Jumlah
JUMLAH SKOR MAKSIMAL        :

                                   Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                                   Jumlah skor maksimal

-  Psikomotor
3. lakukan secara berpasangan mendorong benda yang dapat bergerak dengan benar!

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 


RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
Cek (√ )
1.  Disiplin  gerak
2.  Keserasian gerak
3.  Kesesuaian/keseragaman  gerak
4.  Menghormati
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh  
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 5

                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                    Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor



Mengetahui
Kepala Sekolah



……………………………..
NIP.

Guru Penjasorkes



……………………………
NIP.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Warog | Warog | warog
Copyright © 2013-2014. cara membuat - All Rights Reserved