Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) (04)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) (04)

Written By Unknown on Thursday, 4 September 2014 | 02:32

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 04

Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pel;ajaran     : Penjas Orkes
Kelas / Semester     : II / I
Tema                       : Keluarga
Waktu                     : 3 Jam Pelajaran ( 1 x Pertemuan )


A.    STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamanya.

B.     KOMPETESI DASAR
3.1 Mempraktekkan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat ( melompat, meloncat ) dengan isyarat keberbagai arah.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.1.1 Loncat katak.
3.1.2 Jalan kepiting.
   -    Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan senam ketangkasan sederhana tanpa menggunakan alat.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
      - Loncat ditempat.
- Loncat ditempat berputar 90°.
- Loncat kedepan.
- Jalan kepiting.

F.     PENDEKATAN, METODE
Pendekatan            Tematik
Metode                   Demonstrasi, Permodelan, Penugasan

G.    LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan hijau hitam.
- Siswa melakukan pemanasan  secukupnya.

Kegiatan Inti
- Siswa melakukan gerakan loncat-loncat ditempat.
- Siswa melakukan gerakan loncat sambil berputar 90°.
- Siswa melakukan gerakan loncat kedepan.
- Siswa melakukan gerakan jalan kepiting.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.

H.    ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat                       : Lapangan, peluit
Sumber Belajar      : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru

I.       PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian                        : Tes
2. Teknik penilaian                        :

- Kognitif         : 
1.      Jelaskan bagaimana melakukan lompat katak!



Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Jelaskan bagaimana sikap kaki kaki saat melakukan lompat katak
2.      Jelaskan bagaimana sikap tangan saat melakukan lompat katak
3.      jelaskan bagaimana posisi tubuh saat melakukan lompat katak
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 12

                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                                    Jumlah skor maksimal

- Afektif       :
2.  Lakukan lompat katak dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
                                                 RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Gerak
1
2
3
4
  1. Lakukan lompat katak dengan sikap kaki yang benar
  2. Lakukan lompat katak dengan sikap tangan yang benar
  3. Lakukan lompat katak dengan posisi tubuh yang benar
Jumlah
JUMLAH SKOR MAKSIMAL        :

                                   Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                                   Jumlah skor maksimal

-  Psikomotor
3. Tirukan bagaimana cara kepiting berjalan (jalan kepiting)
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
Cek (√ )
1.  Disiplin  gerak
2.  Keserasian gerak
3.  Kesesuaian/keseragaman  gerak
4.  Menghormati
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh 
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 5

                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                    Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor



Mengetahui
Kepala Sekolah


……………………………..
NIP.

Guru Penjasorkes


……………………………
NIP.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Warog | Warog | warog
Copyright © 2013-2014. cara membuat - All Rights Reserved