RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 07
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Lingkungan
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2
x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan variasi
gerak dasar melalui permainan dan aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan gerak dasar memutar,
mengayun, menekuk lutut dalam berbagai variasi permainan sederhana, serta nilai
kerja sama,toleransi, kejujuran, tanggung jawab, menghargai lawan dan memahami
diri sendiri.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.2.1 Gerak memutar.
1.2.2 Meloncat dengan memutar badan 90°.
- Berlatih
keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan
gerak memutar, mengayun, menekuk lutut, dalam berbagai variasi.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Gerak memutar bahu, pingggang.
- Meloncat ditempat.
- Meloncat berputyar 90°
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
-
Kegiatan inti
- Siswa melakukan gerak
memutar bahu ke berbagai arah.
- Siswa melakukan gerak
memutar pinggang.
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan II ( 3 Jam
Pelajaran )
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
-
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan gerak
meloncat ditempat.
- Siswa melakukan gerak
meloncat sambil berputar 90°.
- Siswa melakukan gerak
meloncat kedepan.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Akhir
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber
Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman
guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melakukan lompatan sambil berputar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan bagaimana cara menumpu untuk lompatan berputar
2. Jelaskan bagaimana cara mendarat lompatan sambil berputar
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
-
Afektif :
2. Lakukan gerakan
memutar pinggul yang benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan lari gerakan melompat
ambil berputar 90° dengan benar!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif +
Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment