RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No. 03
Satuan Pendidikan : SD Negeri
Mata
Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Keluarga
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2
x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai yang terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
2.2 Mempraktekkan berbagai aktifitas untuk melatih keseimbangan statis dan
dinamis serta nilai disiplin estetika.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.2.1 Melakukan berdiri dengan satu kaki.
2.2.2 Berdiri jinjit.
2.2.3 Berjalan diatas garis lurus.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan berbagai sikap/ gerakan
keseimbangan.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Berdiri dengan satu kaki.
- Berdiri jinjit.
- Sikap kapal terbang.
- Berjalan diatas garis lurus.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 3 Jam Pelajaran )
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan permainan angin badai.
- Siswa melakukan pemansanan secukupnya.
Kegiatan inti
- Melakukan sikap berdiri dengan satu kaki (bergantian
kiri dan kanan).
- Melakukan sikap berdiri jinjit.
- Melakukan gerakan
berdiri jinjit sambil meraih benda diatasnya.
- Melakukan sikap kapal
terbang.
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
Pertemuan II ( 3 Jam Pelajaran )
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan permainan angin badai.
- Siswa melakukan pemansanan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa menutup mata dan memahami lingkungan ( hadap
kiri, hadap kanan, dan balik kanan )
- Berjalan diatas garis lurus.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melakukan berdiri dengan sikap
kapal terbang!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. jelaskan
bagaimana sikap kaki saat jinjit
2. jelaskan
bagimana sikap tangan saat berdiri dengan sikap kapal terbang
3. jelaskan
bagaimana sikap kaki saat berdiri dengan sikap kapal terbang
4. jelaskan
bagaimana cara melakukan latihan sikap kapal terbang
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan bediri dengan jinjit!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1.
lakukan kegiatan latihan berdiri dengan asatu kaki
2.
lakukan kegiatan latihan berdiri dengan jinjit
3.
lakukan kegiatan latihan berdiri dengan sikap kapal terbang
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. lakukan berdiri dengan sikap kapal terbang!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif +
Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment