RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 08
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Lingkungan
Waktu : 9 Jam Pelajaran ( 3
x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktekkan variasi
gerak dasar melalui permainan dan aktifitas jasmani dan nilai-nilai yang
terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan gerak dasar melempar, menangkap,
menendang dan menggiring bola ke berbagai arah dalam permainan sederhana, serta
nilai kerja sama, toleransi, kejujuran, menghargai lawan, dan memahami diri
sendiri.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.3.1 Melempar bola.
1.3.2 Menangkap/ menerima bola.
1.3.3 Menendang bola.
1.3.4 Bermain sportif.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan gerakan
melempar, menangkap, menendang, dan menggiring bola.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Melempar bola
- Menangkap/ menerima bola
- Menendang bola
- Menggiring bola
- Bermain sportif
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan
latihan melempar bola ke dalam lapangan dengan benar.
- Siswa melakukan
menangkap/ menerima bola dengan kaki, dada, dengan benar.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan cara
menendang bola dengan kaki bagian dalam.
- Siswa melakukan cara
menendang bola dengan kaki bagian dalam.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan III ( 3 Jam
Pelajaran )
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan hiaju hitam
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
-
Kegiatan Inti
- Siswa Melakukan
bermain sepak bola dengan peraturan yang dimodifikasi.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, bola, peluit
Sumber
Belajar : Buku Penjaskes SD,
pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melempar bola dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan bagaimana cara menegang bola dengan benar
2. Jelaskan bagaimana cara mengayunkan lengan saat melempar dengan benar
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
-
Afektif :
2. Lakukan bagaimana
cara menendang bola dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan bermain bola dengan
peraturan yang dimodifikasi!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
5
|
RUBRIK PENILAIAN
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA
= Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment