RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 12
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas / Semester : II / I
Tema : Kegemaran
Waktu : 6 x 35 Menit ( 2 x
Pertemuan )
A. STANADAR KOMPETENSI
4. Mempraktekkan
ketrampilan dan ritmik diorientasikan dengan arah dan ruang, dan nilai-nilai
yang terkandung di dalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan gerak ritmik diorientasikan dengan ruang secara beregu tanpa
menggunakan musik serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Berjalan dengan tangan diayunkan.
Berjalan dengan berpasangan.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan gerak ritmik diorientasikan
dengan ruang secara beregu.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Berjalan kedepan,
kesamping, dengan tangan diayunkan tanpa musik.
- Berjalan ke depan,
kebelakang, kesamping, berpasangan tanpa musik.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan ular naga
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Berjalan kedepan
dengan tangan diayunkan tanpa musik.
- Berjalan kje belakang
dengan tangan diayunkan tanpa musik.
- Berjalan ke samping
dengan kedua tangan diayunkan tanpa musik.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
Pertemuan ke II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan ular naga
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Berjalan kedepan
berpasangan dengan kedua tangan diayunkan.
- Berjalan kebelakang
dengan berpasangan dengan kedua tangan diayunkan tanpa musik.
- Berdiri berhadapan
kedua tangansaling berpegangan bahu melakukan jalan kedepan, kebelakang, dan
kesamping tanpa musik.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai ditempat teduh siswa melakukan
bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1.
Bentuk
Penilaian :
Tes
2.
Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana jalan secara berpasangan!
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara
1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelaskan
bagaimana cara jalan bergandengan
2. Jelaskan
bagaimana cara berjalan dengan beriringan
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan jalan dengan bergendengan!
Keterangan:
Berikan
penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai
antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Lakukan jalan
bergandengan dengan langkah yang sama
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan jalan dengan beriringan dengan irama
langkah dan ayunan tangan yang sama!
Keterangan:
Berikan
tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian
menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku
yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan sikap
bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA = Nilai Kognitif +
Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala
Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru
Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment