Home » » RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) No : 05

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (TEMATIK) No : 05

Written By Unknown on Thursday 4 September 2014 | 02:53

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No : 05

Satuan Pendidikan          : SD Negeri
Mata Pelajaran                : Penjas Orkes
Kelas / Semester               : II / I
Tema                                 : Keluarga
Waktu                               : 6 Jam pelajaran ( 2 x Pertemuan )


A.    STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung didalamanya.

B.     KOMPETESI DASAR
3.2 Mempraktekkan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1 Loncat-loncat ditempat.
3.2.2 Lompat tali.
   -    Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
- Loncat ditempat.
- Lompat menghindari tali yang digeser dibawahnya.
- Lompat tali.

F.     PENDEKATAN, METODE
Pendekatan            Tematik
Metode                   Demonstrasi, Permodelan, Penugasan

G.    LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam.
- Siswa melakukan pemansanan secukupnya.

Kegiatan Inti
- Siswa melakukan gerakanloncat ditempat.
- Siswa melakukan gerakan lompat menghindari tali yang digeser dibawahnya.
- Siswa melakukan lompat tali.
- Siswa melakukan lompat tali berpasangan.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

Kegiatan Penutup
Sambil duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.

Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan permainan hijau hitam.
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.

Kegiatan Inti
- Siswa melakukan melompat tali yang dipegangi oleh teman.
- Siswa melakukan lompat tali ( semprengan )
- Siswa melakukukan lompat tali ( semprengan ) berpasangan.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga

Kegiatan Penutup
Sambil duduk santai ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.

H.    ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat                       : Lapangan, tali, peluit
Sumber Belajar      : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru

I.       PENILAIAN
1. Bentuk Penilaian                        : Tes
2. Teknik penilaian                        :
- Kognitif         : 
1.      Jelaskan bagaimana lompat di tempat dengan dua kaki!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Jawaban
1
2
3
4
1.      Jelsakan bagaimana sikap kaki saat melakukan lompat ditempat
2.      Jelaskan bagaimana tumpuan kaki saat melompat di tempat
3.      Jelaskan bagaimana cara mendarat saat melakukan lompat di tempat
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 12

                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                                    Jumlah skor maksimal

- Afektif       :
2.  Lakukan lompat tali secara individu!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4

                                                 RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.         lakukan lompat tali dengan putaran tali yang benar
2.         lakukan lompat tali dengan tumpuan yang benar
3.         lakukan lompat tali dengan pendaratan yang benar
Jumlah
JUMLAH SKOR MAKSIMAL        :

                                   Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                                   Jumlah skor maksimal

-  Psikomotor
3. Lakukan lompat tali dengan berkelompok!

Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan.  Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1

RUBRIK PENILIAN
Perilaku yang diharapkan
Cek (√ )
1.  Disiplin  gerak
2.  Keserasian gerak
3.  Kesesuaian/keseragaman  gerak
4.  Menghormati
5.  Menunjukkan sikap bersungguh-sungguh 
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL             : 5




                                    Jumlah skor yang diperoleh
                     Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                                    Jumlah skor maksimal

-    Nilai akhir yang diperoleh siswa =

NA = Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor



Mengetahui
Kepala Sekolah


……………………………..
NIP.

Guru Penjasorkes


……………………………
NIP.
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

 
Support : Warog | Warog | warog
Copyright © 2013-2014. cara membuat - All Rights Reserved