RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No : 02
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata
Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas /
Semester : II / I
Tema : Diri Sendiri
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2 x Pertemuan
)
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani dan
nilai yang terkandung didalamnya.
B. KOMPETESI DASAR
2.3 Membiasakan gerak dengan
benar.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.3.1 Sikap berdiri tegak.
2.3.2 Sikap berdiri
dengan posisi istirahat.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan
berbagai sikap dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Berdiri tegak
- Berdiri dengan posisi
siap dengan memperhatikan sikap tangan, kaki dan pandangan.
- Berjalan ke depan 10
M dengan ayunan tangan yang benar.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi, Permodelan,
Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Melakukan lari
keliling lapangan.
- Melakukan pemanasan
secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan sikap
berdiri tegak
- Siswa melakukan sikap
siap ( kedua tangan lurus disamping badan menggenggam ringan, ibu jari tangan
lurus dengan jahitan celana, pandangan lurus kedepan, kedua kaki lurus kedua
tungkai merapat, dan kedua telapak kaki dibuka membentuk huruf V / membentuk sudut
90°).
- Siswa melakukan
gerakan berjalan kedepan 10 M dengan ayunan tangan yang benar
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
- Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan diabsensi
- Siswa melakukan permainan ular naga
- Siswa melakukan senam pemanasan secukupnya
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan berdiri dengan posisi istirahat.
- Siswa melakukan
berdiri dengan posisi siap.
- Siswa melakukan
gerakan satulangkah kekiri, kekanan, kedepan, dan kebelakang.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
- Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber Belajar : Buku Penjaskes SD, pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana melakukan sikap berdiri dengan
posisi siap
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
-
Afektif :
2. Lakukan gerakan
dengan posisi istirahat sesuai aba-aba yang diberikan
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan gerak maju ke depan
dengan irama langkah dan ayunan tangan yang benar
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA
= Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
|
1. Disiplin gerak
|
||
2. Keserasian
gerak
|
||
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
||
4. Menghormati
|
||
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
||
JUMLAH
|
||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
||
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment