RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No : 05
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata
Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas /
Semester : II / I
Tema : Keluarga
Waktu : 6 Jam pelajaran ( 2
x Pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
3. Mempraktekkan senam ketangkasan dasar dan nilai-nilai yang terkandung
didalamanya.
B. KOMPETESI DASAR
3.2 Mempraktekkan
senam ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana dengan percaya diri.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
3.2.1 Loncat-loncat ditempat.
3.2.2 Lompat tali.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan senam
ketangkasan dengan menggunakan alat sederhana.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Loncat ditempat.
- Lompat menghindari tali yang
digeser dibawahnya.
- Lompat tali.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan
permainan hijau hitam.
- Siswa melakukan
pemansanan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan gerakanloncat
ditempat.
- Siswa melakukan gerakan lompat
menghindari tali yang digeser dibawahnya.
- Siswa melakukan lompat tali.
- Siswa melakukan
lompat tali berpasangan.
- Berlatih keras
untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Sambil duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan diabsensi.
- Siswa melakukan
permainan hijau hitam.
- Siswa melakukan
pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan
melompat tali yang dipegangi oleh teman.
- Siswa melakukan
lompat tali ( semprengan )
- Siswa melakukukan
lompat tali ( semprengan ) berpasangan.
- Berlatih keras
untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Sambil duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, tali, peluit
Sumber
Belajar : Buku Penjaskes SD,
pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana lompat di tempat dengan dua kaki!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. Jelsakan bagaimana sikap kaki saat melakukan lompat ditempat
2. Jelaskan bagaimana tumpuan kaki saat melompat di tempat
3. Jelaskan bagaimana cara mendarat saat melakukan lompat di tempat
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
- Afektif :
2. Lakukan lompat tali
secara individu!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK
PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. Lakukan lompat tali
dengan berkelompok!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA
= Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment