RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
No: 09
Satuan
Pendidikan : SD Negeri
Mata
Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas /
Semester : II / I
Tema : Pengalaman
Waktu : 6 Jam Pelajaran ( 2
x pertemuan )
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Mempraktekkan latihan dasar kebugaran jasmani
B. KOMPETESI DASAR
Mempraktekkan satu
jenis bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai dengan
mengikuti aturan.
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
2.1.1 Latihan menarik, mendorong,
dengan berpasangan.
2.1.2 Mendorong benda mati.
- Berlatih keras untuk berprestasi dalam olahraga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat melakukan
bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan dan tungkai.
E. MATERI PEMBELAJARAN
- Latihan menarik dengan berpasangan.
- Latihan mendorong dengan berpasangan.
- Latihan mendorong benda mati.
F. PENDEKATAN, METODE
Pendekatan : Tematik
Metode : Demonstrasi,
Permodelan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I ( 3 Jam
Pelajaran )
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan permainan angina badai
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan
latihan menarik berpasangan
- Siswa melakukan
latihan mendorong berpasangan.
- Berlatih keras
untuk berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
Pertemuan II
Kegiatan Awal
- Siswa dibariskan
menjadi tiga bersap dan di absensi.
- Siswa melakukan angin badai
- Siswa melakukan pemanasan secukupnya.
Kegiatan Inti
- Siswa melakukan
latihan mendorong berpasangan.
- Siswa melakukan
latihan mendorong benda mati.
- Berlatih keras untuk
berprestasi dalam olahraga
Kegiatan Penutup
Dengan duduk santai
ditempat teduh siswa melakukan bernyanyi bersama.
H. ALAT, BAHAN, SUMBER BELAJAR
Alat : Lapangan, peluit
Sumber
Belajar : Buku Penjaskes SD,
pengalaman guru
I. PENILAIAN
1. Bentuk
Penilaian :
Tes
2. Teknik
penilaian :
-
Kognitif :
1. Jelaskan bagaimana cara mendorong benda dengan benar!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta
ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Jawaban
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
1. jelaskan bagaimana posisi tangan saat mendorong benda
2. jelaskan bagaimana posisi kaki saat mendorong benda
|
||||
JUMLAH
|
||||
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
12
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 50
Jumlah
skor maksimal
-
Afektif :
2. Lakukan cara
mendorong teman dengan berpasangan!
Keterangan:
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja
peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4
RUBRIK PENILAIAN
Pertanyaan yang diajukan
|
Kualitas Gerak
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
||||
Jumlah
|
||||
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL :
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai = -----------------------------------------
X 30
Jumlah
skor maksimal
- Psikomotor
3. lakukan secara berpasangan
mendorong benda yang dapat bergerak dengan benar!
Keterangan:
Berikan tanda cek ( √ ) pada kolom yang sudah
disediakan, setiap peserta ujian menunjukkan atau menampilkan perilaku yang
diharapkan. Tiap perilaku yang di cek ( √ ) memdapat nilai 1
RUBRIK PENILAIAN
Perilaku yang diharapkan
|
Cek (√ )
|
1. Disiplin gerak
|
|
2. Keserasian
gerak
|
|
3. Kesesuaian/keseragaman gerak
|
|
4. Menghormati
|
|
5. Menunjukkan
sikap bersungguh-sungguh
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH
SKOR
MAKSIMAL :
5
|
Jumlah
skor yang diperoleh
Nilai
= ----------------------------------------- X 20
Jumlah skor maksimal
- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
NA
= Nilai Kognitif + Nilai Afektif + Nilai Psikomotor
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………..
NIP.
|
Guru Penjasorkes
……………………………
NIP.
|
0 komentar:
Post a Comment